26 Agustus, 2008

Permen dan Warung Makan

Udah biasa kalo yang namanya mahasiswa perantauan tu suka nyari tempat makan yang murah meriah. Begitu juga gw di sini (Purwokerto). Karena ini tu salah satu upaya buat menyiasati uang kiriman yang amat sangat terbatas. Dan gw mau sedikit berbagi cerita mengenai tempat makan entu. Begini ceritanye,,hehe..

Jadi di deket kosan gw ada tempat makan yang kata orang tu harganya lumayan miring. Yang suka makan di situ juga banyak, itu terbukti dari sering terlihat banyak kendaraan yang terparkir di depan tempat makan itu. Akhirnya pada suatu saat entah di bulan apa, gw nyoba makan di situ. Dan memang terbukti kalo dibandingin ma tempat makan yang laen tuh harganya lumayan lebih murah. Contohnya aja kalo kita makan pake sayur + (plus) gorengan satu, kita cukup nyediain duit Rp. 2.400. kalo di tempat makan laen mah untuk menu seperti itu umumnya ngabisin duit Rp. 3000. harga segitu kalo pake nasi 1 porsi, soalnya di situ juga bisa makan pake setengah porsi jadi bisa lebih murah lagi (setengah porsi ini dah cukup mengenyangkan menurut gw). dan untuk urusan rasa, tu tempat makan juga ga terlalu mengecewakan deh. Alhasil gw jadi sering makan di situ.

Seiring berjalannya waktu dan lumayan seringnya gw berkunjung di situ, akhirnya gw mendapatkan sesuatu yang agak sdikit mengganjal di pikiran gw. Apakah itu? (backsound: jreeng..jreeng..jreeeng..) itu adalah tentang kembalian permen. Jadi, sering tempat makan tersebut memberi kembalian kepada pelanggannya berupa permen. Itu terjadi jikalau mereka kehabisan uang receh buat kembalian bagi para pelanggan. Dan hal seperti itu menurut pengamatan gw sangat sering terjadi. Keadaan itu ikut terbangun oleh harga yang ditawarkan bukanlah harga yang bulat (contoh harga bulat: 2.000, 2.500, 3.000, 3.500), melainkan harga yang agak “nanggung” (contohnya 2.100, 2.400, 3.300).

Sampai pada akhirnya, pikiran gw yang lumayan usil ini sedikit bertanya apakah itu hal yang cukup disengaja sebagai salah satu trik pemasaran? Haalah!! Gw sih mikirnya kalo namanya ngasih harga yang nanggung ya udah dipersiapkan uang kembalian yang cukup banyak. Soalnya kalo begitu nanti akhirnya harga yang mesti kita bayar yah ga beda jauh ama warung laen dung, meskipun itu kita dapet permen. Tapi kan gw ga selalu pengen permen. Coba kembaliannya diganti komik, ato seperangkat komputer gitu, gw pasti jadi lebih seneng dah. Hehe,, tapi ya sebenernya bisa ajah gw nolak tu permen dan memilih buat menabung kembalian di situ. Tapi kalo begitu pasti gw akan kpikiran buat makan di situ lagi. Jadi gw pada satu kesimpulan kalo ini bisa jadi trik pemasaran juga. Dan gw juga akhirnya punya sedikit ide cemerlang, yaitu makan di situ tapi bayarnya pake permen dengan alasan gw keabisan duit dan hanya punya itu permen. Gimana, Kira-kira boleh kaga ya?

0 tanggapan:

 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0