26 Agustus, 2008

Asalnya Dari Mana?

Usually (pancen so’ keminggris kie bocah), pas kita berkenalan dengan seseorang di kehidupan dunia ini salah satu pertanyaan yang terlontar sebagai cara untuk mengenal si lawan bicara adalah, “orang mana?” atau “asalnya dari mana?”. Dan salah satu dari bermacam-macam nama daerah di muka bumi ini pun akan terdengar sebagai jawaban. Tapi di tulisan ini Gw bukan mau mempertanyakan kenapa jarang (ato bahkan tidak ada) yang memberi jawaban dengan menyebutkan salah satu dari nama planet yang ada, ato menyebutkan nama-nama dunia lainnya (contoh: neraka, surga, alam kubur, alam barzah, dunia dragon ball, dunia doraemon, dll). Karena memang sedari awal gw mo nulis, bukan itu yang gw niatkan. Bukankah kalo mau melakukan sesuatu itu baiknya didahului dengan niat? Itu juga yang gw lakukan.

Lalu apa yang sebenarnya ingin gw pertanyakan kalo begitu? (karena tulisan ini memang berakhir pada sebuah pertanyaan). Yaitu nama daerah mana yang layak kita sebutkan jika bertemu dengan pertanyaan seperti di atas, sedangkan dalam hidup kita ada beberapa daerah yang terkait. Contoh kasusnya adalah apa yang gw alamin sendiri. patut diketahui, bahwasanya gw berasal dari buah cinta dan kasih dua orang anak manusia dewasa yang berasal dari Jogjakarta dan Purbalingga. Kemudian kelahiran gw yang amat sangat bersejarah itu terjadi di Jogjakarta. Dan hingga kelas satu es-de (tapi kaga mpe selese, Cuma sepertiga awal ajah) gw tetap berjibaku di daerah Jogjakarta. Selanjutnya perkembangan kejiwaan gw sedari umur 6 tahun sampai dengan umur 17 tahun adalah di daerah Tangerang - Jakarta. Dan karena merasa terpanggil, selepas SMA melanjutkan kisah kehidupan di kota Purwokerto hingga saat ini.

Nah dari fakta-fakta di atas, daerah manakah yang kemudian cocok untuk dijadikan jawaban dari sebuah perkataan yang mempertanyakan mengenai asal daerah gw? Hingga kini pun gw masih belum mempunyai konsistensi dalam memberi jawaban tersebut. Kadang gw mengatakan dari Tangerang, pernah juga njawab dari Jakarta (karena dulu ketika belum ada propinsi Banten, rumah gw masih termasuk dalam wilayah Jakarta), dan sering pula gw mengatakan berasal dari Jogjakarta (meskipun kini hanya ketika mudik lebaran saja gw bertandang ke Jogjakarta). Jadi sebenarnya parameter apa yang kita gunakan untuk mengatakan bahwa daerah tersebut adalah daerah asal kita? Apakah tempat kelahiran, tempat tinggal ato domisili saat ini, tempat dimana rumah kita berada, atau daerah dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu hidup kita? Atau bahkan mengikuti daerah asal salah satu orang tua kita? Jika seperti itu, mengikuti daerah asal ayah atau Ibu?

Ada yang bisa memberikan jawabannya?

3 tanggapan:

nonadita mengatakan...

Biasanya adalah kota tempat kita besar. Atau tempat orangtua bermukim. Itu dengan catatan keluarga tersebut pernah bermigrasi ke lain kota :D

omoshiroi mengatakan...

:::nonadita
berarti kalo ada yang nanya lagi aku njawabnya dari Tangerang dung..
tangkiu mbak atas pencerahannya,,

Android Termurah mengatakan...

kalau saya mending jawabnya tempat kita dilahirkan....kan awal mula kita hadir di dunia ini.
hehe

 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0