11 Januari, 2009

Mengisi Waktu Libur


Sebentar lagi musim liburan akan menghampiri kehidupan Toing. Saatnya bersenang-senang dan keluar dari rutinitas harian. Untuk itu, Toing sudah merancang kegiatan-kegiatan yang mungkin bisa dilakukan di waktu liburan nanti. Ini daftarnya:


  • Hidup sehat

Berolahraga secara rutin di masa liburan ini. Bisa dengan jalan atau lari di pagi hari, berenang, futsal, bersepeda atau mungkin olahraga lainnya seperti terjun payung, memanah, dan catur (apakah ini termasuk olahraga?).

Selain itu juga makan makanan yang bergizi secara teratur. Ditambah buah dan susu. Serta beristirahat yang cukup. Hal ini dilakukan secara rutin untuk melakukan pola hidup sehat.

  • Mbikin makanan dengan cara sendiri

Melakukan eksperimen kecil di dapur mengikuti resep di majalah atau membuat masakan dengan resep buatan sendiri. Bisa dengan membuat sayur berbahan baku tanaman di sekitar rumah atau gorengan berbahan dasar buah-buahan.

Dapat pula dilakukan pencampuran makanan yang sudah ada. Bisa dengan cara kombinasi manis + pedas, panas + dingin, lembut + dingin, atau yang lainnya. Seperti misalnya rujak dicampur es krim.

  • Mbikin film pendek

Pura-pura menjadi sutradara hollywood, membuat film bersama teman-teman. Cerita bisa dari pengalaman hidup, atau mungkin cerita berdasarkan khayalan semata. Bisa juga menggabungkan cerita-cerita film terkenal yang sudah ada. Yang penting bersenang-senang. Membuat film dokumenter juga bisa. Angkat hal-hal yang ada di sekitar kita. Mungkin memfilemkan kehidupan seorang marbot mesjid di kampung sekitar. Bisa juga kehidupan tukang sampah di perumahan yang beristri lima.

  • Ndekor kamar

Saatnya merubah tampilan kamar. Rubah posisi perabotan kamar, mempercantik kamar dengan pernak pernik, atau kalo mungkin memindahkan letak pintu dan jendela. Fengshui bisa dijadikan patokan dalam melakukan perubahan penempatan barang-barang di kamar atau mungkin berdasarkan petunjuk REG_WETON.

  • Menanam pohon

Hijaukan lingkungan sekitarmu. Tanamlah pohon di mana ada tanah. Kalo mungkin, buatlah hutan kota di daerah di mana rumah kita berada. Kalo bukan kita, siapa lagi yang akan peduli dengan bumi tertjinta ini.

  • Jalan-jalan (Plesir)

Kunjungi tempat-tempat yang jarang kamu kunjungi. Tidak perlu sampai keluar kota. Perdalam pengetahuan kita akan daerah sekitar kita tinggal. Kalo kita tidak pernah pergi ke kuburan, mungkin itu bisa menjadi tujuan perjalanan kita. Atau tempat dimana sampah-sampah kita berakhir yang biasanya kita tidak ketahui. Menelusuri sungai atau kali sekitar mungkin bisa juga menghadirkan petualangan yang menarik.

Selain itu, rumah teman bisa menjadi tujuan jalan-jalan kita. Buat daftar teman-teman yang belum pernah kita kunjungi rumahnya. Dapat menambah kedekatan kita dengan teman dan keluarganya.

  • Bermain permainan tradisional

Kumpulkan kawan-kawan, lakukan nostalgia akan masa kecil. Ada banyak permainan tradisional yang kini mungkin sudah jarang kita lakukan. Tak jongkok, tak benteng, gundu/kelereng, engkling/taplak, gobak sodor, tak umpet, tak kaleng, dll (dan lupa lagi). Agar lebih seru, mungkin bisa aduan dengan pemuda kampung/perumahan tetangga.

  • Membuat dan memberi hadiah

Ciptakan momen dan berilah orang lain hadiah buatan kita sendiri. Kita bisa membuat kaos dengan ornamen-ornamen buatan sendiri, bikin tas dari kain perca, kalender, dan sebagainya. Berikan barang-barang buatan sendiri itu kepada orang lain, bisa orang tua, teman, pacar, atau orang yang lewat depan rumah kita sekalipun. Kita ciptakan momen sendiri, mungkin untuk memperingati hari kamis, atau karena orang tersebut baru saja mandi. Bebas. Suka-suka kita saja.

  • Merenung

Merenungkan diri kita sendiri, merenungkan orang lain, dan merenungkan hubungan-hubungan kita dengan orang lain. Dari mulai kenapa kita ada di dunia ini, bagaimana karakter dan kepribadian kita, hingga bagaimanakah kita untuk masa-masa yang akan datang.

  • Mengumpulkan foto masa kecil orang lain

Lihat perubahan fisik orang lain dari foto masa kecilnya. Kumpulkan foto mulai dari anggota keluarga, teman, pacar, hingga orang-orang di lingkungan kita (tetangga, tukang sampah, pembantu, dll).

  • Membuat silsilah keluarga

Belum tentu kita mengetahui dan mengenal saudara-saudara kita dalam keluarga besar. Buat silsilah keluarga besar, dari keluarga besar pihak ibu dan pihak ayah. Bila memungkinkan hingga 7 derajat ke atas maupun ke bawah (jika ada). Hal ini akan berguna jika ada kumpulan keluarga besar.

  • Menulis

Menulis apa saja. Mulai dari pengalaman sehari-hari, menulis cerpen, merangkum buku, hingga menulis catatan perjalanan hidup kita dari mulai lahir hingga saat ini. Bebas. Menulis apa saja yang ingin kita tuliskan. Ada yang bilang, menulis adalah cara mengikat ilmu.

Itulah daftar 12 kegiatan yang mungkin akan dilakukan oleh Toing ketika liburan nanti. Toing membuat daftar ini terinspirasi dari majalah Provoke! Edisi khusus “Jakarta Weekend Bible” yang terbit bulan Juni 2008.

^gambar diambil dari www.salsabeela.com/page/27/ ^

2 tanggapan:

Ikkyu_san mengatakan...

trus yang udah dibikin yang mana? hihihi

omoshiroi mengatakan...

:::Ikkyu_san
yang mana ya?
kayanya belum ada tuh, kan belum liburan saya nya..

 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0