31 Januari, 2009

Finding Forrester (film)


Satu lagi film yang mampu membuatku terkesima. Meski pada awalnya saya tidak terlalu berharap pada film ini. Bahkan pada saat membaca judulnya saja, aku sudah berpikiran konyol bahwa film ini menceritakan tentang pencarian terhadap orang bernama Forrester. Tapi untungnya bayanganku salah.


Film yang dirilis tahun 2000 ini disutradarai oleh Gus Van Sant (Good Will Hunting, Milk), serta di bintangi antara lain oleh Sean Connery (William Forrester), Rob Brown (Jamal Wallace), F. Murray Abraham (Prof. Robert Crawford), dan Anna Paquin (Claire Spence). Beberapa penghargaan juga telah diraih oleh film ber-Tagline “In an Ordinary place, he found the one person to make his life extraordinary” ini.


Tersebutlah seorang remaja 16 tahun berkulit hitam bernama Jamal Wallace yang tinggal di kawasan Bronx. Semenjak ayahnya pergi, jamal banyak menghabiskan waktunya untuk membaca dan menulis, disamping bermain basket yang memang sudah menjadi kegemarannya. Kisah ini bermula ketika jamal mendapat tantangan teman-temannya untuk memasuki sebuah apartment yang dihuni oleh seseorang yang menurut kabar di kalangan remaja setempat adalah pembunuh. Penghuni apartment tersebut memang sangat mencurigakan. Ia sering terlihat sedang mengawasi anak-anak yang sedang bermain basket dengan menggunakan teropong. Terlebih lagi ia tak pernah terlihat keluar dari apartmentnya.


Mendapat tantangan tersebut, jamal tidak gentar. Maka pada suatu malam, jamal disaksikan oleh teman-temannya, menyelinap masuk ke apartment tersebut. Namun ternyata ketika sudah di dalam, penghuni apartment tersebut mengetahui keberadaannya. Sehingga dengan segera jamal melarikan diri, tanpa sempat membawa tas yang tadi ia taruh di salah satu meja. Padahal di dalam tas tersebut tersimpan buku catatan yang berisi tulisan-tulisannya.


Beberapa hari kemudian, setelah terlibat sedikit percakapan dengan seorang pengemudi BMW, jamal mendapatkan tasnya kembali. Penghuni apartment itu melemparkannya. Selanjutnya ketika jamal memeriksa buku catatannya, ia mendapati berbagai coretan di dalamnya. Banyak kritikan terhadap tulisannya itu. Hal ini membuat jamal semakin penasaran mengenai penghuni apartment tersebut. Lalu ia memutuskan untuk pergi ke apartment itu sekali lagi, dengan cara yang sopan tentunya.


Sesampainya jamal di apartment tersebut, ia menemui kenyataan bahwa penghuni tersebut tidak mau membukakan pintunya. Sehingga jamal hanya menjelaskan kejadian malam itu dengan dipisahkan sebuah pintu yang tertutup. Selain itu ia juga mengajukan tawaran untuk menyerahkan tulisannya yang lain atau menuliskan sesuatu hal lainnya. Ternyata tawaran itu dijawab oleh sang penghuni, ia berkata, “Bagaimana kalau 5000 kata kenapa kau mau menjauhi rumahku?”. Mengetahui hal itu, lalu jamal memutuskan untuk membuat sebuah tulisan sesuai apa yang dikatakan sang penghuni tadi. Keesokan harinya jamal kembali ke apartment tersebut untuk menyerahkan tulisannya, namun ternyata kedatangannya tidak disambut dengan baik. Sehingga jamal hanya melemparkannya ke depan pintu apartment tersebut.


~aduh, males ngetik neh~


Singkat cerita, jamal juga mendapat beasiswa untuk pindah sekolah ke tempat yang lebih bagus, dan akhirnya ia bisa berkenalan, bahkan bersahabat dengan penghuni apartment tersebut. Siapakah sebenarnya penghuni apartement tersebut? Tonton sendiri film ini. Yang jelas semenjak perkenalan tersebut, hidup keduanya berubah. Mereka berdua mendapatkan hal-hal baru yang positif bagi kehidupan masing-masing.


Setelah jamal pindah ke sekolah barunya, ia berkenalan dengan seorang gadis berkulit putih yang baik hati. Calire Spence namanya. Hubungan pertemanan tersebut lama-kelamaan memunculkan rasa saling suka. Namun hal ini menimbulkan konflik tersendiri.konflik seperti apa? Tonton aja dulu filmnya.


Selain konflik percintaan, jamal juga terlibat konflik dengan seorang murid kaya yang juga pemain basket sekolah tersebut. John Hartwell namanya. Konflik itu berhubungan dengan masuknya jamal ke dalam team basket sekolah yang baru ia masuki.


Konflik juga muncul, dan merupakan konflik yang dominan di film ini, dalam hubungan jamal dengan salah satu guru yang mengajar di sekolah tersebut. Guru itu ternyata juga mempunyai kaitan masa lalu dengan orang yang tinggal di apartment tadi. Guru itu adalah Prof. Robert Crawford.


Film ini sangat menarik untuk ditonton. Konflik-konfliknya sangat beragam dan lumayan masup ngakal. Dialog-dialog di film ini juga sangat bagus. Ada dialog mengenai sejarah BMW, mengenai cara menulis, mengenai penulisan kata “Dan” di sebuah awal kalimat, dll. Salah satu dialog yang sangat aku suka adalah percakapan antara jamal dengan penghuni apartment, berikut ini (sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia).

”Kau tahu apa yang paling banyak ditakutkan banyak orang?”.

“Apa?”.

“Apa yang tak dimengerti olehnya”.

“Pada saat kita tak mengerti, kita merubah cara pandang kita”.

Atau dialog yang ini

“Banyak penulis tahu aturan menulis”.

“tapi tak tahu caranya menulis”.


Aku sangat merekomendasikan film ini untuk ditonton!!

12 tanggapan:

www.katobengke.com mengatakan...

kamu kayaknya cocok bangat kalau jadi penulis naskah film....
ampe2 pas aq baca seakan2 aku gi nonton filmnya.......

Ndoro Seten mengatakan...

wah sutradarane apakah masih saudara gus dur?

iman brotoseno mengatakan...

apalagi endingnya,...
one long take..satu shoot dengan lagu ..over the rainbow dan what a wondereful world.

omoshiroi mengatakan...

::: www.katobengke.com
wah kayaknya engga deh..soalnya kata simbah,saia yg lahirnya rabo pon ini cocokny jadi presiden..bukan jadi penulis naskah film..
hehe,,

::: ndoro seten
wah saia belum tanya tuh ndoro, mungkin nanti deh kalok die sms saia lagi..tar tak tanyakeun ptanyaan ndoro ini..

::: iman brotoseno
saia jatuh cintah sama lagu itu..aransemennya baru denger di film ini..kalok ga salah cuma diiringi sama suara ukulele kan?
dan saia baru tau kalo ending itu bikinnya one long take..

Daniel Mahendra mengatakan...

Weh, aku sampai berkali-kali nonton film ini.

hILdA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
kira distinct mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
kira distinct mengatakan...

minta link sub indo film ini dong?

bales di kira.distinct13@gmail.com ya?:)

ahmadfadhil.efh_inc mengatakan...

minta link sub indonya dong,,

Syahid Achyar mengatakan...

Bang punya subtitle indonesia nya ga ? boleh mintaa yaa klo adaa .,
makasihh.,

klo ada tolong bls kesini ya bang .,
Syahid.Achyar811@gmail.com

terimakasih.

Peternak Hebat mengatakan...

sub indo bos

Download Lagu Mp3 mengatakan...

jos filmnya bos

 
Template by suckmylolly.com - background image by elmer.0